Kamis, 21 Maret 2013

NORMALISASI DATA BASE 1NF,2NF,DAN 3NF (Registrasi Penginapan Hotel)


Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Normalisasi DataBase 1NF,2NF,dan 3NF,pertama-tama dimulai dari apasih itu pengertian Normalisasi ???
Jadi Normalisasi adalah suatu proses mendesain struktur Database sehingga sebagian besar ambiguity bisa dihilangkan sehingga bisa menghasilkan sebuah table yang normal
Adapun Tujuan Dari Normalisasi Adalah
  • Untuk menghilangkan kerangkapan data/ redudansi.
  • Untuk mengurangi kompleksitas
  • Untuk mempermudah pemodifikasian data
  • Untuk menghilangkan anomali data
Nah,setelah mengetahui tujuan dan peenjelasan mengenai normalisasi,sekarang saya akan memberikan contoh dari penormalisasian sebuah table
Contoh yang akan saya gunakan adalah sebuah table Registrasi Tamu di sebuah hotel

Tahapan Normalisaisi adalah
1 NF (Bentuk Normal Pertama ) Ciri-cirinya adalah Setiap data di bentuk dalam flat file dan Tidak ada set atribut yang berulang –ulang.




Membentuk tabel menjadi Un-Normalized, dengan mencantumkan semua field data yang ada. Membentuk Normal Kesatu (1 NF) dengan flat table memisahkan data pada field-field yang tepat bernilai atomik, dan melengkapi atribut/ field yg ada.bentuk Normal Kesatu ini mempunyai banyak

2 NF (Bentuk Normal Kedua)Sudah memenuhi Bentuk Normal Pertama ,Menentukan atribut kunci Utama/Primari key,Atribut bukan kunci bergantung secara fungsi pada Kunci Utama/Primari key.
Langkah selanjutnya adalah membuat data menjadi bentuk normal kedua (2NF), dengan menentukan Primary key. Dari table Registrasi tamu hotel Primary key(*)nya adalah :
  • Kode_Kamar
  • No_Registrasi
  • ID_Penghuni
Setelah itu kita harus mengelompokan field non kunci dengan Primary key berdasarkan ketergantungan Fungsional sehingga sebagai berikut :











3 NF (Bentuk Normal ketiga ) Sudah memenuhi Bentuk Normal Kedua ,Tidak mempunyai field yang bengantung Transitif
Setelah membuat bentuk 1NF dan 2NF Selanjutnya adalah membentuk Normal ke Tiga (3NF) yakni dengan menghilangkan field yang bergantung Transitif dan membentuk relasi dengan dengan menentukan Foreign Key yaitu Kode_Kamar dan ID_Penghuni dan menambahkan Foreign Key(**) tersebut dalam Tabel Registrasi, sehingga menjadi seperti berikut:








 Tahapan selanjutnya adalah adanya BCNF (Boyce–Codd Normal Form)yakni Sebuah Tabel/Relasi adalah BCNF jika setiap atribut penentu/determinant adalah candidate key/Kunci Kandidat ,tapi biasanya bentuk 3NF sama dengan bentuk BCNF.
Demikianlah postingan saya kali ini,semoga memberi manfaat untuk kita semua,terlepas banyaknya kesalahan mohon dimaafkan karena tidak ada manusia yang sempurna.Terima Kasih.








5 komentar: