Rabu, 02 Januari 2013

TUGAS VB2,HAFIZUL AKBAR,1106095776


            Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengkoneksikan Microsoft visual studio 2008 dengan data base yang menggunakan Microsoft  office access 2007.

              Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai koneksi adalah membuat data base terlebih dahulu,pada kali ini saya akan membuat data base yang memuat dan berisi data mengenai  pendaftaran pembuatan KTP di suatu kecamatan,dimana data yang terdapat di dalam table adalah : Nama Pendaftar,Alamat,Tanggal Daftar,Biaya,No Kartu Keluarga,Kode Kelurahan,No Pendaftaran.


             
       Setelah data selesai kita buat di Microsoft  Office Access 2007 langkah selanjutnya kita membuka program Microsoft studio 2008 ,dengan membuat project baru ,langkah pertama yang kita lakukan adalah melakukan add data source,kemudian pada kotak dialog yg tersedia kita pilih data base,setelah itu klik next.



          Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk memilih data connection,pada tahap ini kita pilih new connection dan pilih data base yang sebelumnya telah kita simpan di computer,setelah itu klik next,dan kemudian klik finish.




          Setelah selesai melakukan koneksi,maka pada data source akan muncul data bese yang telah kita buat sebelumnya.
         Pada form 1 yang kita lakukan adalah drag and drop table yang telah kita buat melalui data source yakni drag and drop data grid dan detail,setelah itu kita tambahkan button yang akan digunakan untuk menampilkan data viewer.


         Langkah selanjutnya untuk memunculkan data yang kita buat dalam bentuk yang lebih menarik maka kita akab buat Report Wizard,langkah pertama adalah dengan melakukan add new item dan pilih report wizard,setelah itu klik add.


          Kemudian pilih bentuk report type yang kita inginkan,pada kali ini saya memilih bentuk yang tabular dan kemudian klik next.
   Pada design table kita pilih sesuai dengan keinginan yang kita suka lalu klik next

   Begitu juga dengan layout kita bisa pilih sesuai dengan keinginan lalu klik next
Pada table style juga demikian kita pilih sesuai dengan keinginan lalu klik next

  Sekarang semua table dialog telah selesai dan kemudian klik finish

      Setelah itu maka pada toolbox akan muncul Microsoft report viewer dan kemudian  kita drag and drop ke form 2

Maka akan muncul tampilan form 2 seperti gambar di bawah


           Setelah itu program yang telah kita buat di debug makan akan muncul seperti gambar di bawah ini,kemudian pada button Report Viewer yang sebelumnya  telah kita isi kodingan untuk menanpilkan form2 (form2.show())

    Setelah mengklik button report viewer maka muncullah form2 yang menampilkan report viewer yang telah kita buat sebelummnya..
       
               Itulah dia beberapa tahapan mengkoneksikan data base pada Microsoft visual studio 2008 dan penggunaan report ,semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 




1 komentar:

  1. Best bets for soccer today - Sports Toto
    Today, septcasino we're going to tell 바카라 사이트 you a few 토토사이트 key to checking into soccer bsjeon betting goyangfc.com apps. of the most popular soccer betting options and which ones will

    BalasHapus